Oppie Andaresta: “Ayo, Sayang Ibu!”

Oppie dalam \"talk show\" Orientasi DTPS KIBBLA
“Kita semua harus mencintai Ibu”. Begitu tegas penyanyi dan pencipta lagu Oppie Andaresta kepada para peserta Orientasi DTPS KIBBLA (District Team Problem Solving Kesehatan Ibu, Bayi, Bayi Baru Lahir dan Anak Balita) Provinsi DKI Jakarta minggu lalu. Harus ada semangat untuk menyelamatkan kaum ibu dan anak yang menjadi sumber masa depan kita. Tingkat kematian ibu dan anak di Indonesia yang begitu tinggi, membuat Duta ASI Eksklusif UNICEF ini merasa perlu melemparkan seruan untuk membangun Gerakan Sayang Ibu. “Urusan kematian ibu dan anak bukan cuma urusan kaum perempuan dengan dokter atau bidan saja. Tapi, urusan semua orang dan semua kelompok. Apa jadinya jika tingkat kematian ibu dan anak tinggi untuk masa depan bangsa ini. Harus dibagun gerakan sayang ibu,”ujar Oppie yang hadir dalam talk show sebagai ibu dari Bejo, bayi yang baru dilahirkannya beberapa bulan lalu. Bayangkan, jika semua orang berusaha untuk membantu dan merawat kaum ibu dan anak. Pasti bangsa kita akan punya masa depan yang cerah di tangan manusia-manusia berkualitas.

Lagu tentang ASI

Oppie bukan cuma mau omong serius. Ia juga menawarkan cara menyampaikan pesan dengan gaya-gaya populer. Menurutnya, sekarang ini sudah terlampau banyak pesan. Harus ada cara-cara baru untuk menarik perhatian khalayak ramai. Ia tidak sekadar menawarkan, tapi juga memberikan contoh dengan menyanyikan tiga lagu ciptaannya. “Ini kan enak iramanya. Bisa diputar di puskesmas-puskesmas atau polindes. Orang sambil nunggu giliran diperiksa bidan bisa menangkap pesan,”ujarnya di sela-sela lagu.

Ayo, sayang ibu.
Kehadiran Oppie memang menguatkan semangat para peserta, yang 98%nya perempuan, untuk menghasilkan perencanaan KIBBLA Propinsi DKI Jakarta terbaik untuk membantu kaum ibu dan anak. Lokakarya Orientasi, yang dilanjutkan Lokakarya Perencanaan keesokan harinya selama tiga hari di Bogor, berhasil menjadi pintu gerbang yang kontekstual. Peserta menjadi mahfum, bahwa apa mereka lakukan sesuatu yang penting dan mendapatkan dukungan banyak pihak. Salah satunya, Oppie. Pasti ada banyak lagi yang lainnya. Terima kasih Oppie, atas dukungannya. Ayo, bangun gerakan sayang ibu dan anak! (diq)

2 Responses to Oppie Andaresta: “Ayo, Sayang Ibu!”

  1. minta ijin link beritanya ke blog saya yah…

  2. penalahati says:

    silakan mas…terima kasih

Leave a comment